Workshop Seni Rupa #HappyYappiArt Bersama SSRnB

Bulan Puasa adalah waktunya mencari banyak pahala. Jadi SSRnB berlomba-lomba mencari pahala dengan membantu Mahasiswa KKN-PPL UNY dan OSIS di SMK YAPPI Wonosari (Bansari, Kepek, Wonosari) untuk membuat MOS tahun ini ME to the RI to the AH >> MERIAH. (Yeyeyelalala :3)

Lho kok BISA??? Sanggar Seni RnB kok bisa terlibat MOS SMK YAPPI Wonosari??? Nah looo...
Baiklah, ini dia ceritanya!!
Kerja sama ini dimulai dengan datangnya dua makhluk ciptaan Tuhan yang bernama Azwar dan Manda . Yup! Dua orang ini awalnya kami kira hanya iseng saja maen ke SSRnB. Lagi pula kedatangan mereka ini adalah untuk pertama kalinya. Ya layaknya kakak angkatan (Kak Reya) sudah lama tak pernah ketemu para adik angkatan (Azwar&Manda) pastilah banyak hal yang diceritakan. Pada akhirnya mereka curhat tentang program KKN-PPL mereka di Wonosari. 

Tugas pertama mereka adalah membantu kelangsungan dan kesuksesan Masa Orientasi Sekolah (MOS) di SMK YAPPI Wonosari. Dalam benak mereka tercetuslah ide mengadakan suatu kegiatan yang belum pernah dilakukan oleh keluarga besar SMK YAPPI dan para KKN-PPL pendahulu mereka. Terucaplah kata WORKSHOP. Lalu kami mulai diskusi lebih serius tentang workshop apa yang mungkin dilaksanakan di SMK swasta tersebut. 

Singkat cerita akhirnya mereka berdua membuat proposal dan menawarkan 2 bentuk workshop atas rekomendasi SSRnB, yaitu workshop TEATER dan SENI RUPA. Lalu dengan perjuangan yang begitu banyak menumpahkan keringat dan menguapkan mimpi yang tak pernah muncul karena tidur mereka selalu terganggu, akhirnya kami menyepakati WORKSHOP SENI RUPA yang akan dilaksanakan. 

Akhirnya, Workshop pun dilaksanakan pada hari Rabu, 16 JULI 2014 di sebuah ruang di lantai 2 SMK YAPPI. Pemateri yang disiapkan oleh Sanggar Seni RnB adalah: Rosanto Bima Pratama, Faturrahman Ramadhan, Topik Pamungkas, dan Dedi Kartika. Keempat pemateri tersebut yang harus bertugas mengamalkan ilmu seni rupa untuk ditularkan kepada seluruh siswa baru SMK YAPPI yang berjumlah kurang lebih 220 orang. WOW....!! (buanyaaakkk puuooolllll)

Lhaaa inii.... Siswa baru SMK YAPPI yang siap ikuti WORKSHOP dari SSRnB
Pertama yang disampaikan oleh para pemateri adalah materi tentang gambar, warna, dan sign system. Karena di akhir workshop mereka juga diharuskan membuat sign system untuk dekorasi di sudut-sudut sekolah mereka sendiri. Setelah materi selesai disampaikan, siswa baru tersebut diberi waktu untuk mulai praktik menggambar di kertas alias membuat SKETSA kira-kira gambar seperti apa yang akan mereka torehkan di media yang sudah disediakan oleh panitia. Akan tetapi karena pada saat itu suasana kurang mendukung dan ruangan yang digunakan agak kurang luas, maka waktunya habis untuk mengondisikan siswa baru dan membimbing mereka mencoba membuat sketsa. Maka dari itu, Workshop atau eksekusi gambar pada media lain akan dilakukan pada hari berikutnya, yaitu Kamis, 17 JULI 2014 mulai pukul 08.00 WIB. 

Kak Bima beraksi membimbing siswa baru untuk praktik menggambar di luar ruangan
Di hari kedua ini, Siswa baru langsung dikondisikan di luar ruangan. SKETSA yang telah jadi langsung digambar di atas media yang telah disediakan panitia. Media untuk menggambar dan membuat sign system adalah POT PLASTIK dan KARTON TEBAL. Para pemateri mulai mempersiapkan CAT berwarna-warni untuk mencukupi kebutuhan siswa baru dalam berkarya. 

Kak Dedi dan Kak Topik sedang sibuk mempersiapkan CAT

Para Siswa baru mulai berdatangan untuk meminta jatah cat yang telah diramu oleh professor Dedi dan Topik hihihi :3

Sementara itu di sela kesibukannya mengatur siswa baru, kak Fatur masih sempat SELFIE, oke fix :P
Siswa baru diberi waktu sekitar 4 jam untuk menyelesaikan karya gambar mereka. Pada pukul 12.00 WIB seluruh siswa telah mengumpulkan hasil karyanya. Maka Workshop siang itu ditutup dengan SHOLAT DZUHUR BERJAMAAH di Masjid SMK YAPPI Wonosari. 

Menindaklanjuti hasil karya siswa baru yang bagus-bagus untuk kalangan pemula, maka pihak SSRnB dan KKN-PPL UNY (Manda&Azwar) bersepakat untuk membuat pameran karya hasil workshop pada hari terakhir MOS yaitu Sabtu, 19 JULI 2014. Alhamdulillah respon dan apresiasi banyak bermunculan dari teman-teman siswa baru, siswa kelas XI, kelas XII, Bapak/Ibu guru, bahkan Kepala SMK YAPPI Wonosari pun berkenan datang ke ruang pamer (hasil settingan SSRnB & KKN UNY, dan OSIS). Wajah beliau berseri-seri melihat hasil Workshop yang telah dilaksanakan, dan menyatakan bahwa kegiatan ini harus ada kelanjutannya. Kegiatan ini sangat positif dan memberi kesempatan para siswa untuk berekspresi lewat karya seni rupa. Bapak Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada SSRnB dan KKN-PPL UNY serta OSIS yang telah bekerja total untuk kesuksesan kegiatan ini. 

Bapak Kepala SMK YAPPI sedang berdiskusi tentang karya siswa baru bersama Kak Bima

Bapak/Ibu Guru SMK YAPPI memberikan apresiasinya kepada kami :)
Karya Seni Siswa Baru yang dipamerkan di ruang galeri dadakan :P

Sign System, gambaran, Mading, dll

Instalasi POT PLASTIK yang telah dilukis sedemikian rupa :)

Hasil display karya SSRnB dibantu Azwar, Manda, dan anak-anak OSIS SMK YAPPI
Kegiatan ini kami harap mampu menjadi semacam stimulan bagi siswa-siswi SMK YAPPI terutama OSIS untuk lebih kreatif lagi dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Jadikanlah SEKOLAH menjadi tempat menuntut ilmu yang ASYIK! Bagaimana caranya? Ya dengan mengadakan gebrakan-gebrakan kecil yang asyik dan seru untuk menumbuhkan kecintaan kalian pada sekolah. Selain itu, jalinlah komunikasi yang intens dan terpercaya dengan pihak Guru bahkan Kepala Sekolah. Segala sesuatu yang baik (ide berkegiatan) akan lebih direspon jika dikomunikasikan dengan baik kepada Bapak/Ibu Guru dan Kepsek :)

Naaahh.... Kami SSRnB sangat senang bisa berbagi ilmu dengan kalian. Biar eksis, nih kami kasih lihat foto orang-orang di balik layar Workshop Seni Rupa bertajuk HAPPY YAPPI ART 2014 atau dengan hastag #HappyYappiArt

Kak Fatur tersenyum bahagia

Kak Topik dan Azwar (Batik Oranye)

Dari kiri Kak Azwar (batik oranye), Kak Dedi, Kak Topik, dan Kak Bima
Kak Manda dari KKN-PPL UNY (almamater BIRU) yang sedang menanggapi apresiasi Bapak Kepala Sekolah
Itulah kegiatan SSRnB bareng SMK YAPPI Wonosari. Nah, buat kalian viewers yang pengen sekolahnya ngadain workshop seni (TARI, TEATER, atau SENI RUPA) bisa banget lhoo! Karena segalanya tidak ada yang tidak mungkin kita lakukan dan kita capai jika kita berusaha dengan MAKSIMAL. Wouw!! :D 
Kalian bisa langsung hubungi kami di nomor 087738873247 (SMS/TELP/WA) bisa juga buka Facebook kami di Sanggarseni Rnb atau Twitter kami di @sanggarseniRnB :) 
Sampai Jumpa di kegiatan selanjutnyaaaaa ^__^

Komentar

  1. alhamdulillah,, yappi makin kece,,, :)

    BalasHapus
  2. Semoga yappi tambah kreatif aja tiap tahunya..
    Terimakasih Sanggar Seni RnB :)

    BalasHapus

Posting Komentar