Serumpun Nyeni: Pesta Bagi Para Pecinta Seni di Gunungkidul



Selasa, 2 Juni 2015 sekitar pukul tujuh malam, halaman Sanggar Seni Rawikara Nari Bahuwarna (RnB) di jalan KRT Judoningrat, Seneng 05/07, Siraman, Wonosari, Gunungkidul, mulai dipadati ratusan penonton. Sanggar Seni RnB merayakan ulang tahunnya yang kedua dengan pesta seni bertajuk Serumpun Nyeni.

 “Pesta seni ini kami harap dapat menjadi wadah berkumpulnya para pecinta seni di Gunungkidul”, ungkap Faturahman Ramadhan selaku ketua panitia acara ini. Acara ini dibuka oleh perwakilan perangkat desa Siraman yaitu bapak Sulono selaku Kabag Pemerintahan desa Siraman. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi tinggi kepada anak muda yang mempunyai loyalitas tinggi dalam berkesenian, selain itu juga menyampaikan rasa bangganya terhadap kerja keras Sanggar Seni RnB atas kreativitas dalam menyiapkan acara ini sehingga dapat memberikan warna baru bagi desa Siraman.

Ketua Panitia Serumpun Nyeni Kak Fatur

Salah satu founder dari ssRnB yaitu Kak Reya

Bapak Sulono selaku perwakilan dari perangkat desa Siraman

 Acara diawali dengan pemutaran video profil Sanggar Seni RnB yang berisi rangkuman kegiatan ssRnB selama dua tahun ini. Kemudian, di atas panggung secara berurutan disajikan tiga tarian kreasi baru berjudul tari Jogja Istimewa, tari Ceria SemangaRt, dan tari Spektakuler Indonesia karya dari ssRnB. Selain itu, ssRnB juga menampilkan modern dance, antara lain: Original Dancer, Crazy Dancer, Anaconda Dancer, Badabeg Dancer, dan Cimoriweh Dancer. Penampilan kelompok dance tersebut mempunyai koreografi yang khas yang beragam.

Ozi Ozawa sebagai MC

Original Dancer "Uptown Funk"

Tari Spektakuler Indonesia

Tari Ceria SemangaRt

Crazy Dancer

Anaconda Dancer

Badabeg Dancer

Cimoriweh Dancer

Stencil Art Topik feat Alan dan Wida


Acara puncak dalam Serumpun Nyeni ini ditandai dengan prosesi pemotongan tumpeng yang dikemas dengan tarian kontemporer dan diiringi oleh musik etnik secara live. Prosesi ini terkesan hikmat dengan lantunan lagu berbahasa Jawa saat para penari bergerak perlahan membawa obor.
Selain pertunjukan dari murid ssRnB, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan Komunitas Teater Mishbah UNY, komunitas Teater JAB UAD, dan pembacaan cerpen oleh Azwar (penulis antologi cerpen Lelaki Pesawat Kertas). Pada akhir acara, pesta seni ini ditutup dengan penampilan kolaborasi musik etnik oleh murid-murid ssRnB atau biasa disebut dengan #RnBschuler.

Prosesi menyalakan obor di sepanjang jalan menuju ssRnB

Contemporary Dance

Prosesi Penyajian Tumpeng #menuju2tahunRnB

Kak Fatur sebagai ketua panitia memotong tumpeng

potongan tumpeng diserahkan kepada owner ssRnB yaitu KAk Bima dan Kak Reya

perwakilan ssRnB Family berfoto bersama setelah pemotongan tumpeng :)

Komunitas Teater Mishbah tampil :)

MISHBAH dramatic reading

TAri MAyong dari Mega, Ozi, Astri, dan Sundari

Dokumentasi tambahan nih :

Kak Azwar yang membacakan saah satu cerpennya :)

Wida yang lagi konsen banget

Menyanyi bersama "selamat ulang tahun"

JAB UAD mau tampil

Teater JAB UAD tampil :)

LAgi siap siap mau elektone-nan :P

seriuuussssss

asek asek josss

goyaaaaanggg brrooooo


Gimana?
Tertarik bergabung dengan sanggar ini? Bisa akses Facebooknya di Sanggarseni Rnb atau langsung hubungi Kak Reya di nomor +6287738873247 (SMS / Whatsapp) 
Pendaftaran #RnBschuler yang baru, akan dimulai 26 Juni - 16 Agustus 2015.
Jangan sampai ketinggalan yaaaa :) INfo lebih lanjut langsung hubungi Kak Reya aja :)
Salam Seni dan Budaya !!

Komentar