HRD #9 : Soto Ceker Kompleks Pasar Kereneng Denpasar Dini Hari

Dini hari, 29 Desember 2014

Salah satu teman kami pernah bilang pada saat awal perjalanan, "Di Bali itu, jangan hanya tidur!, waktu itu terlalu berharga jika hanya untuk tidur!". Dan, benar sekali. Saya sepakat dengan statement teman saya tersebut. Jika hanya ingin tidur cukup delapan jam sehari, ngapain ke Bali??? hahaha...
Oleh sebab itu, saya tidak banyak protes ketika teman saya mengajak kami semua wisata kuliner dini hari. Pokoknya, lupakan dulu lah berat badan yang semakin naik. Ini kan liburan! Pikir saya saat itu. Kuliner pertama yang kami cicipi adalah SOTO CEKER dan SOTO SAPI khas Bali di kompleks pasar Kereneng, Denpasar. Mengapa kami dibawa ke sini pada saat dini hari? Karena, deretan warung tenda spesialis soto ini hanya buka pada malam hari setelah maghrib sampai subuh. Limited edition pokoknya :) :) :)

Pada pukul 00.25 WITA, kami sampai di kompleks pasar Kereneng Denpasar. Kami memilih salah satu warung tenda yang cukup ramai. Kata temen saya, warung tenda Orange ini adalah langganan temen saya sejak SMA. Jadi, masalah rasa dan kesegaran, saya tidak perlu meragukan.
Pilihan menu yang ada adalah:
Soto Ceker + nasi putih : Rp12.000,-
Soto Sapi + nasi putih : Rp15.000,-
Soto Ayam + nasi putih : Rp12.000,-
Nasi Jinggo khas Bali :Rp 5.000,-

Saya penasaran sama soto  sapi dan nasi jinggo. Saya pesan soto sapi tapi tanpa nasi putih, nasinya saya pilih nasi jinggo. Nasi Jinggo adalah nasi yang dibungkus berbentuk kerucut dengan daun pisang. Isinya nasi putih yang dilengkapi lauk tumis ayam suwir dan sambal yang pedas. Saya rasa kalau di Jogja ada nasi Kucing, nah kalau di Bali ada nasi Jinggo. Tapi besar porsinya lebih banyak nasi Jinggo, dari segi harga pun juga lebih mahal nasi Jinggo.

Kelezatan dan perbedaan soto di komplek ini dengan soto yang lain ada pada soto cekernya. Soto ceker di sini eemmpuuukk bangeettt..... Tapi bentuk cekerny masih utuh. Isinya hanya ceker dan kuah. Tidak ada pelengkap lainnya. Rasanya gurih banget.

Lahapnya temen-temen menyantap soto ceker :D

Pokoknya, kalian yang lagi maen ke Denpasar, harus dan wajib ke kompleks Pasar Kereneng ini. Selamat berkeringaaatt menyantap yaaa :D




Komentar